Jumat, 14 November 2014

Aplikasi Komputer Pertemuan 10

Membangun Rumus dan Fungsi
Dalam dunia kerja, terutama dalam pengolahan data angka, Ms Excel merupakan salah satu program spreadsheet yang cukup dikenal banyak kalangan, terutama pengolahan data untuk memaksimalkan fasilitas fungsi yang disediakan oleh Ms. Excel. Fungsi-fungsi ini dikelompokkan dalam beberapa kelompok untuk menyesuaikan jenis data yang dapat diolah. Microsoft Excel 2010 memiliki fungsi-fungsi yang hampir sama dengan fungsi-fungsi yang sama dengan fungsi-fungsi dalam Ms Excel versi sebelumnya, diantaranya fungsi Automatic, Text, Logical, Database, dan Lain-lain.

Prosedur Penulisan Rumus dan Fungsi
Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum anda membangun sebuah rumus dan fungsi pada Ms Excel. Beberapa hal dasar tersebut akan sangat menentukan hasil yang didapat dalam penulisan rumus Ms Excel. Hal ini dikarenakan penulisan rumus diperlukan ketelitian yang cukup besar. Sebagai Contoh, setiap awal penulisan rumus dalam Ms Excel harus dimulai dengan tanda (=)  ataupun (+). Contoh lain penulisan tanda kutip/petik ganda (“), yang digunakan untuk mengapit data yang bertipe teks. Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan tanda ini, maka kemungkinan hasil perhitungan yang didapat tidak akan muncul/tampil pada layar monitor komputer.

Ø  Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan rumus dan fungsi

Berikut adalah hal-hal yang harus anda perhatikan dalam penulisan rumus :
·         Setiap rumus harus diawali dengan tanda samadengan (=) atau tanda plus (+)

·         Antara sel data dengan syarat yang ditentukan harus menggunakan operator pembanding berikut adalah tabel daftar operator matematika dan operator pembanding.


Tabel 10.1 Operator Matematika dan Operator Pembanding
Operator
Keterangan
Contoh Aplikasi
()
Mengelompokkan tingkat perhitungan operasi matematika
=(10*2)-(12+3) = 5
+
Plus / Penjumlahan
=2+3=5
-
Minus / Kurang
=2-3=1
*
Perkalian
=2*3=6
/
Pembagian
=10/2=5
%
Persen
=100*50%=50
&
Menggabungkan 2 data teks / rumus
=”Baik” & “ Buruk”
=
Samadengan
=IF(A1=”Baik”,...
< 
Kurang Dari
=IF(A1<80....
> 
Lebih Dari
=IF(A1>80....
<=
Kurang Dari Samadengan
=IF(A1<=80....
>=
Lebih Dari Samadengan
=IF(A1>=80.....
<> 
Tidak samadengan
=IF(A1<>80....


  • Tanda kurung pengapit berupa kurung buka dan kurung tutup sebagai pembatas argumen harus berjumlah sama.
  • Argumen selalu diapit dengan tanda kurung.
  • Pemisahan argumen berupa tanda baca koma (,), atau titik koma (;), tergantung pada setting yang diterapkan dalam komputer anda, dalam buku ini menggunakan bahasa indonesia, sehingga menggunakan titik koma (;).
  • Penulisan fungsi maksimal 1024 karakter, termasuk tanda samadengan (=), nama fungsi, tanda kurung, operator, argumen dan pemisah argumen.
  • Perhatikan tanda baca yang digunakan pada rumus, karena tanda baca ini sangat menentukan benar atau salahnya penulisan sebuah rumus.
Ø  Penulisan Rumus dan Fungsi Secara manual
Dalam penulisan rumus dan fungsi manual disini adalah penulisan semua rumus dan fungsi yang dilakukan secara manual atau satu per satu. Sebagai contoh, ketika anda akan menulis rumus yang menggunakan fungsi logika IF, maka anda langsung mengetikkan =IF(pada sel tempat rumus)

Ø  Penulisan Rumus dan Fungsi Menggunakan Wizard
Ms Excel menyediakan fasilitas penulisan fungsi dan rumus menggunakan langkah wizard, berbeda dengan langkah manual, langkah ini dilakukan dengan menggunakan tombol perintah Insert Function pada Tab Formulas. 


Array

Array merupakan alat bantu perhitungan untuk menghasilkan beberapa nilai keluaran atau bekerja dalam sekelompok nilai. Formula Array bekerja pada dua kumpulan nilai atau lebih yang disebut Argument array untuk menghasilkan nilai keluaran. Argument adalah unit informasi atau input yang digunakan pada fungsi.
Argument dapat berupa tabel, nilai, alamat sel, formula, nama sel, atau fungsi lain yang diwakili dan diakhiri oleh tanda kurung yang dipisah tanda baca koma atau titik koma. Istilah lain dalam Array adalah range array berupa blok sel yang memakai satu formula array yang sama, dan constant array nilai konstanta yang ditata secara khusus sebagai argumen dalam formula array.


Membaca Data Sel
Untuk membaca data pada Ms Excel, digunakan cara untuk mengacu pada alamat sel dari data tersebut. Penulisan alamat sel dari data dapat dilakukan dengan 2 langkah, yaitu :
  • Menuliskan Alamat Sel Secara Manual
Dengan langkah ini, anda dapat mengetikkan secara langsung dari keyboard. Contoh : apabila anda ingin menjumlahkan 2 data yang berada di sel A1 dan B1 dan hasilnya akan diletakkan di sel C1, maka pilih sel C1 dan ketikkan =A1+A2, tekan enter.

Dengan menggunakan Langkah ini, apabila data berada di nomor baris yang cukup besar dan kolom yang cukup banyak, kemungkinan akan kesulitan membaca alamat sel data tersebut.
  • Menuliskan Alamat Sel dengan bantuan Mouse
Langkah ini sangat efektif apabila alamat sel memiliki jarak berdekatan. Hal ini karena anda tidak perlu menggulung lembar kerja terlalu jauh. Untuk melakukan langkah ini adalah :
ü  Pilih sel C1, kemudian ketik samadengan (=)
ü  Klik sel A1, dengan menggunakan mouse, untuk mengambil alamat sel A1, kemudian ketik tanda plus (+)
ü  Klik Kembali sel B2 dengan Mouse sehingga hasilnya akan tampak.
ü  Tekan enter untuk mengakhiri Proses.


Pesan Kesalahan
Penulisan Formula atau fungsi terkadang kurang lengkap atau salah, sehingga Ms Excel tidak mengenalnya. Jika demikian Ms Excel akan menampilkan beberapa pesan sesuai dengan jenis kemungkinan kesalahannya. Tabel berikut berisi daftar yang ditampilkan jika terdapat kesalahan pada formula atau fungsi.

Tabel 10.2 Daftar Pesan kesalahan penggunaan Fungsi
PESAN
KETERANGAN
#DIV/0!
Rumus tersebut dibagi 0 (nol) atau sel kosong
#NA
Ada kemungkinan salah satu argumen tidak ditulis
#NAME?
Teks tidak dikenal oleh Ms Excel
#NULL !
Terdapat perpotongan antara dua range yang tidak saling berpotongan
#REF
Alamat Sel yang dijadikan referensi terhapus
#VALUE
Anda seharusnya memasukkan argumen bertipe teks, tetapi yang dimasukkan berupa numerik atau yang lainnya.




           









Daftar Pustaka


1.       Larenta, Apriyani, 2012. Creative With Microsoft Office Word 2003-2010 Jakarta. Elex Media Komputindo.
2.      Elcom, 2011. 6 in 1 Aplikasi Microsoft Office 2010 yang perlu anda tahu. Yogyakarta : Andi Offset
3.      Madcoms, 2011. Memaksimalkan rumus dan Fungsi Microsoft Access 2010. Yogyakarta. Andi Offset
4.      Hadi Purnomo, Catur, 2011. Panduan Belajar Otodidak Microsoft Office PowerPoint 2010, Mudah Lengkap & Praktis. Jakarta : Mediakita.
5.      Andi (Smitdev), 2011. 123 Fungsi dan Formula Excel 2010. Yogyakarta : Andi Offset
6.      Madcoms, 2011. Kupas Tuntas Microsoft Word 2010. Yogyakarta. Andi Offset
7.      Madcoms, 2011. Mahir dalam 7 Hari Microsoft Powerpoint 2010.Yogyakarta : Andi Offset
8.       Alam, M. Agus J., 2007. Microsoft Office Excel 2007. Penerbit:  PT Elex Media Komputindo. Jakarta.
9.       Yoevestian, Whindy., 2007. Tip Menyusun Presentasi Efektif dengan PowerPoint 2007., Editor:., Penerbit:  PT Elex Media Komputindo. Jakarta.
10.    Rusli, Komara, dkk., 2001. Dunia Tanpa Batas (Panduan Penggunaan Internet bagi Awam). Bandung: Studio Driya Media.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar