Mendayagunakan tampilan
Halaman
PENGATURAN HALAMAN
Klik
menu Page Lay Out
•
Frame Orientation
•
Digunakan untuk menetukan arah percetakan halaman.
Arah pengaturan
•
halaman dokumen ini terbagi dua, yaitu:
•
Portrait, adalah metode pengaturan
halaman dokumen dengan arah tegak (vertikal).
•
Landscape, adalah metode pengaturan
halaman dokumen dengan arah melebar (horizontal).
FRAME
MARGIN
- Top, mengatur batas atas
dokumen mulai dari tepi atas kertas.
- Bottom,
mengatur batas bawah dokumen mulai dari tepi bawah kertas.
- Left, pengaturan batas kiri
dokumen mulai dari tepi kiri kertas.
- Right,
pengaturan batas kanan dokumen mulai dari tepi kanan kertas.
Gutter, digunakan untuk memberikan jarak tertentu dari
tepi kiri kertas atau tepi atas kertas dengan tujuan untukmemberikan lokasi
kosong untuk penjilidan. Pengaturan posisi dari gutter ini kita tentukan pada
bagian pilihan Gutter position yang
menyediakan dua alternatif posisi, yaitu posisi kiri (left) atau atas (top).
TAB PAPER
n
Paper size,
digunakan untuk mengatur ukuran kertas yang digunakan. Jika kita klik simbol
ini, maka akan muncul sejumlah ukuran kertas yang disediakan oleh MSWord.
Biasanya ukuran kertas akan tampil jika Printer driver sudah terinstal dalam
Windows. Kita tinggal pilih jenisnya. Jika ukuran kertas yang kita gunakan
tidak ada yang cocok dengan yang disediakan maka pilihlah option Custom Size
untuk menentukan ukuran kertas yang Anda inginkan.
n
Width,
digunakan untuk pengaturan ukuran lebar kertas jika kita memilih option custom
size.
n
Height,
sama halnya dengan width, tapi option ini digunakan untuk pengaturan tinggi
kertas yang kita miliki.
- Apply to,
digunakan untuk menentukan data jenis pengaturan. Pada option ini terdapat
beberapa option lagi sebagai
berikut:
- Whole document, artinya
pengaturan margin berlaku untuk seluruh dokumen.
- This point forward, artinya
pengaturan dokumen ini berlaku mulai dari halaman yang aktif (yaitu pada
posisi insertion point) sampai halaman terakhir.
TAB
LAY OUT
Kotak
Dialog Page Setup Layout.
n
Section Start,
digunakan untuk menentukan di halaman mana layout yang di set dimulai.
n
Header,
digunakan untuk pengaturan posisi dari catatan kepala (header) mulai dari tepi
atas kertas.
n
Footer,
digunakan untuk pengaturan posisi dari catatan kaki (footer) mulai dari tepi
bawah kertas.
Note: Header dan footer ini akan otomatis tampil pada
setiap halaman dokumen
PEMBUATAN TABEL
MEMBUAT TABEL
n
Tombol untuk membuat tabel ada di menu insert
n
Tentukan jumlah baris dan kolom yang akan anda buat
n
Kita dapat membuat tabel dengan memilih kotak-kotak
sesuai jumlah baris dan kolom atau kita menggunakan perintah Insert Table.
TABEL YANG DIHASILKAN
n
Untuk mengatur lebar kolom dan baris, kita dapat
menggeser baris horisontal dan vertikal dari tabel.
n
Untuk menggabungkan beberapa cell/kotak, kita terlebih
dahulu mem-blok kotak-kotak yang akan kita gabungkan, kemudian klik kanan pada
mouse dan klik merge cells.
n
Untuk memformat teks dapat dilakukan seperti pada
materi sebelumnya.
LATIHAN PEMBUATAN TABEL
Pembuatan
Mail Merge, Penggunaan Index, Master File, Bullet Numbering, Header, Footer,
Footnote
PEMBUATAN
MAIL MERGE
•
Pilih
Tab Mailings
•
Pada
Group Start Mail Merge klik
tombol Select Recipients lalu
pilih Type New List
•
Setelah
kotak dialog New Address List tampil masukkan nama Prismawinda di First Name lalu alamat Jl. Bungur No. 1 Jakarta,
•
Klik
New Entry untuk menambah record yang baru, lalu masukkan nama Fifi di bagian First Name dan Jl.
Danau No. 9 Banten. Lakukan langkah ini sampai data yang Anda butuhkan selesai
dimasukkan. Setelah selesai klik Ok.
•
Pada
Kotak Dialog Save Address List di bagian File Name ketik file data undangan untuk menyimpan data
alamat yang baru Anda buat kemudian klik Save.
•
Langkah
selanjutnya setelah database data undangan selesai adalah dengan membuat format
udangan.
•
Tempatkan
kursor pada akhir “Bapak/Ibu” untuk memasukkan data nama yang akan diundang
dalam rapat tersebut, begitu juga pada saat akan menempatkan alamat yang akan
diundang.
•
Klik
tombol Insert Merge Field pada
Group Write & Insert Fields kemudian
pilih field First Name. Berikut
tempatkan kursor di baris berikutnya untuk menempatkan alamat Address Line1.
•
Pada
Group Preview Result klik tombol Preview
Results untuk menampilkan data nama dan alamat pada field yang telah
Anda siapkan.
LATIHAN PEMBUATAN MAIL
MERGE
BULLET AND NUMBERING
•
Bullet
berguna untuk membuat paragraf berbutir sedangkan Numbering untuk membuat paragraf bernomor. Berikut kita akan coba
membuat Bullet dan Numbering:
MEMBUAT PARAGRAF
BERNOMOR
•
Pilih
(Blok) paragraf yang akan diubah menjadi paragraf bernomor. Atau tempatkan
titik sisip pada baris kosong ditempat anda akan memulai paragaraf bernomor.
•
Pilih
dan klik Tab Home, Paragraph and Numbering.
Pilih dan klik bentuk penomoran paragraf yang diinginkan.
•
Klik
OK.
HEADER-FOOTER
•
Header
dan Footer adalah teks yang akan
turut tercetak disetiap halaman dalam dokumen yang sedang Anda buat. Header
akan ditempatkan pada bagian atas dokumen, sedangkan footer akan ditempatkan
dibagian bawah dokumen.
Daftar Pustaka
1.
Suharno,
2009, Aplikasi Komputer, Penerbit Media Wacana, Jakarta
2.
Alam,
M. Agus J., 2007. Microsoft Office
Excel 2007. Penerbit: PT Elex
Media Komputindo. Jakarta.
3.
Yoevestian,
Whindy., 2007. Tip Menyusun Presentasi
Efektif dengan PowerPoint 2007., Editor:., Penerbit: PT Elex Media Komputindo. Jakarta.
4.
Rusli,
Komara, dkk., 2001. Dunia Tanpa Batas
(Panduan Penggunaan Internet bagi Awam). Bandung: Studio Driya Media.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar