Rabu, 12 November 2014

Pertemuan 4 Aplikasi Komputer

Mendayagunakan tampilan Halaman
PENGATURAN HALAMAN

Klik menu Page Lay Out

       Frame Orientation
       Digunakan untuk menetukan arah percetakan halaman. Arah pengaturan
       halaman dokumen ini terbagi dua,   yaitu: 
       Portrait, adalah metode pengaturan halaman dokumen dengan arah tegak (vertikal).
       Landscape, adalah metode pengaturan halaman dokumen dengan arah melebar (horizontal).

FRAME MARGIN
  1. Top, mengatur batas atas dokumen mulai dari tepi atas kertas. 
  2. Bottom, mengatur batas bawah dokumen mulai dari tepi bawah kertas.
  3. Left, pengaturan batas kiri dokumen mulai dari tepi kiri kertas. 
  4. Right, pengaturan batas kanan dokumen mulai dari tepi kanan kertas. 
Gutter, digunakan untuk memberikan jarak tertentu dari tepi kiri kertas atau tepi atas kertas dengan tujuan untukmemberikan lokasi kosong untuk penjilidan. Pengaturan posisi dari gutter ini kita tentukan pada bagian pilihan  Gutter position yang menyediakan dua alternatif posisi, yaitu posisi kiri (left) atau atas (top).

TAB PAPER
n  Paper size, digunakan untuk mengatur ukuran kertas yang digunakan. Jika kita klik simbol ini, maka akan muncul sejumlah ukuran kertas yang disediakan oleh MSWord. Biasanya ukuran kertas akan tampil jika Printer driver sudah terinstal dalam Windows. Kita tinggal pilih jenisnya. Jika ukuran kertas yang kita gunakan tidak ada yang cocok dengan yang disediakan maka pilihlah option Custom Size untuk menentukan ukuran kertas yang Anda inginkan.
n  Width, digunakan untuk pengaturan ukuran lebar kertas jika kita memilih option custom size. 
n  Height, sama halnya dengan width, tapi option ini digunakan untuk pengaturan tinggi kertas yang kita miliki. 

  • Apply to, digunakan untuk menentukan data jenis pengaturan. Pada option ini terdapat beberapa option  lagi sebagai berikut: 
  • Whole document, artinya pengaturan margin berlaku untuk seluruh dokumen. 
  • This point forward, artinya pengaturan dokumen ini berlaku mulai dari halaman yang aktif (yaitu pada posisi insertion point) sampai halaman terakhir. 
TAB LAY OUT                                                 
Kotak Dialog Page Setup Layout.
n  Section Start, digunakan untuk menentukan di halaman mana layout yang di set dimulai.
n  Header, digunakan untuk pengaturan posisi dari catatan kepala (header) mulai dari tepi atas kertas. 
n  Footer, digunakan untuk pengaturan posisi dari catatan kaki (footer) mulai dari tepi bawah kertas. 
Note: Header dan footer ini akan otomatis tampil pada setiap  halaman dokumen

PEMBUATAN TABEL
MEMBUAT TABEL
n  Tombol untuk membuat tabel ada di menu insert
n  Tentukan jumlah baris dan kolom yang akan anda buat
n  Kita dapat membuat tabel dengan memilih kotak-kotak sesuai jumlah baris dan kolom atau kita menggunakan perintah Insert Table.

TABEL YANG DIHASILKAN
n  Untuk mengatur lebar kolom dan baris, kita dapat menggeser baris horisontal dan vertikal dari tabel.
n  Untuk menggabungkan beberapa cell/kotak, kita terlebih dahulu mem-blok kotak-kotak yang akan kita gabungkan, kemudian klik kanan pada mouse dan klik merge cells.
n  Untuk memformat teks dapat dilakukan seperti pada materi sebelumnya.

LATIHAN PEMBUATAN TABEL
Pembuatan Mail Merge, Penggunaan Index, Master File, Bullet Numbering, Header, Footer, Footnote
PEMBUATAN MAIL MERGE
       Pilih Tab Mailings
       Pada Group Start Mail Merge klik tombol Select Recipients lalu pilih Type New List
       Setelah kotak dialog New Address List tampil masukkan nama Prismawinda di First Name lalu alamat Jl. Bungur No. 1 Jakarta,
       Klik New Entry untuk menambah record yang baru, lalu masukkan nama Fifi di bagian First Name dan Jl. Danau No. 9 Banten. Lakukan langkah ini sampai data yang Anda butuhkan selesai dimasukkan. Setelah selesai klik Ok.
       Pada Kotak Dialog Save  Address List di bagian File Name ketik file data undangan untuk menyimpan data alamat yang baru Anda buat kemudian klik Save.
       Langkah selanjutnya setelah database data undangan selesai adalah dengan membuat format udangan.

       Tempatkan kursor pada akhir “Bapak/Ibu” untuk memasukkan data nama yang akan diundang dalam rapat tersebut, begitu juga pada saat akan menempatkan alamat yang akan diundang.
       Klik tombol Insert Merge Field pada Group Write & Insert  Fields kemudian pilih field First Name. Berikut tempatkan kursor di baris berikutnya untuk menempatkan alamat Address Line1.
       Pada Group Preview Result klik tombol Preview Results untuk menampilkan data nama dan alamat pada field yang telah Anda siapkan.

LATIHAN PEMBUATAN MAIL MERGE
BULLET AND NUMBERING
       Bullet berguna untuk membuat paragraf berbutir sedangkan Numbering untuk membuat paragraf bernomor. Berikut kita akan coba membuat Bullet dan Numbering:



MEMBUAT PARAGRAF BERNOMOR
       Pilih (Blok) paragraf yang akan diubah menjadi paragraf bernomor. Atau tempatkan titik sisip pada baris kosong ditempat anda akan memulai paragaraf bernomor.
       Pilih dan klik Tab Home, Paragraph and Numbering. Pilih dan klik bentuk penomoran paragraf yang diinginkan.
       Klik OK.

HEADER-FOOTER
       Header dan Footer adalah teks yang akan turut tercetak disetiap halaman dalam dokumen yang sedang Anda buat. Header akan ditempatkan pada bagian atas dokumen, sedangkan footer akan ditempatkan dibagian bawah dokumen.





Daftar Pustaka

1.    Suharno, 2009, Aplikasi Komputer, Penerbit Media Wacana, Jakarta
2.    Alam, M. Agus J., 2007. Microsoft Office Excel 2007. Penerbit:  PT Elex Media Komputindo. Jakarta.
3.    Yoevestian, Whindy., 2007. Tip Menyusun Presentasi Efektif dengan PowerPoint 2007., Editor:., Penerbit:  PT Elex Media Komputindo. Jakarta.
4.    Rusli, Komara, dkk., 2001. Dunia Tanpa Batas (Panduan Penggunaan Internet bagi Awam). Bandung: Studio Driya Media.

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar