Rabu, 12 November 2014

PERTEMUAN 1 APLIKASI KOMPUTER

Komputer berasal dari bahasa latin computare yang mengandung arti menghitung. Karena luasnya bidang garapan ilmu komputer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan terminologi komputer.

*      Menurut Hamacher: komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
*      Menurut Blissmer: komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
*      menerima input
*      memproses input tadi sesuai dengan programnya
*      menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
*      menyediakan output dalam bentuk informasi
*      Sedangan Fuori: berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.

Untuk mewujudkan konsepsi komputer sebagai pengolah data untuk menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan sistem komputer (computer system) yang elemennya terdiri:
*      Hardware
*      Software

*      Brainware, humanware



Hardware terdiri dari :
1. Processor
*      Processor, merupakan bagian dari perangkat keras komputer yang melakukan pemprosesan aritmatika dan logika serta pengendalian operasi komputer secara keseluruhan. Prosesor terdiri atas dua bagian utama, yaitu ALU (Arithmetic Logic Unit) dan Control Unit.
*      Kecepatan kerja prosesor biasanya ditentukan oleh kecepatan clock dari Control Unit-nya.
Contoh : jika prosesor memiliki frekuensi clock 350 MHz, berarti kecepatan pemprosesan satu instruksinya = T = 1/f = 1/(350 x 106 Hz), = 0,286 x 10-8 detik.

2. Memory
*      Memory, berdasarkan fungsinya dibagi menjadi dua yaitu
*      Primary Memory, dipergunakan untuk menyimpan data dan instruksi dari program yang sedang dijalankan. Biasa juga disebut sebagai RAM. Karakteristik dari memori primer adalah
*      Volatil (informasi ada selama komputer bekerja. Ketika komputer dipadamkan, informasi yang disimpannya juga hilang)
*      kecepatan tinggi
*      akses random (acak)
*      Secondary Memory, dipergunakan untuk menyimpan data atau program biner secara permanen. Karakteristik dari memori sekunder adalah
*      non volatil atau persisten
*      kecepatan relatif rendah (dibandingkan memori primer)
*      akses random atau sekuensial
*      Contoh memori sekunder : floppy, harddisk, CD ROM, magnetic tape, optical disk, dll. Dari seluruh contoh tersebut, yang memiliki mekanisme akses sekuensial adalah magnetic tape

3. Input Output Device
*      Input-Output Device, merupakan bagian yang berfungsi sebagai penghubung antara komputer dengan lingkungan di luarnya. Dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu
*      Input Device (Piranti Masukan), berfungsi sebagai media komputer untuk menerima masukan dari luar. Beberapa contoh piranti masukan :
*      keyboard., mouse, touch screen, scanner, camera, modem, network card
*      Output Device (Piranti Keluaran), berfungsi sebagai media komputer untuk memberikan keluaran. Beberapa contoh piranti masukan :
*      Monitor,  Printer, Speaker, Plotter, Modem, network card

Software terdiri dari :
  • software sistem à perangkat lunak yang mengatur pemanfaatan sumber daya komputer bagi user dan software aplikasi, yaitu sistem operasi (MS-DOS, MS-Windows, UNIX, dsb)
  • software aplikasi à pernagkat lunak yang membantu menyelesaikan pekerjaan user, contoh aplikasi pengolah kata, aplikasi pengolah kertas kerja, dsb

BRAINWARE (SDM)terdiri dari :
   Computer Operator: mengoperasikan komputer secara keseluruhan
   Data Entry Operator: petugas penginputan data.
   Librarian:bertanggungjawab atas penyimpanan file data/ program
   Computer Programmer: pembuat program berdasar spesifikasi dari system analyst
   Network manager/ system manager: bertanggungjawab atas kelancaran sistem.
   System analyst: merancang sistem komputer secara keseluruhan (analog spt. Arsitek)
   Chief Information Officer (Manager Dept. Sistem Informasi)


Perkembangan Generasi Komputer

n  . . . . - 1641 : Manual
n  1642 - 1885 : Mekanis
n  1886 - 1945 : Elektromekanis
n  1946 - . . . . : Elektronik

n  Pra-1600: dimulai pada masa menggunakan Abacus sebagai:
n  Kalkulator personal yang pertama
n  Memperkenalkan posisi angka dalam perhitungan
n  Muhammad Ibn Musa Al’Khowarizmi:
n  Abad 12
n  Menuliskan suatu proses yang diikuti keterantang tentang tujuannya, merupakan cikal bakal cara penulisan program
n  Memperkenalkan Algoritma
n  Era Mekanis (1600-1940), John Napier (1612):
n  Mathematician, mengembangkan logaritma
n  Membuat mesin perkalian

Willian Oughtred (1622)
*      Menemukan slide rule
*      Berbasis pada Algoritma Napier
*      Digunakan pada scientist dan Engineers sampai pertengahan 1900
Wilhelm Schickhard (1623)
*      Astronom dan Mathematician
*      Menjelaskan cara kerja suatu mesin yang secara otomatis dapat melakukan operasi penjumalahan, pengurangan, perkalian dan pembagian
Blaise Pascal (1642)
*      Mathematician
*      Memproduksi suatu mesin hitung secara masal
*      Hanya dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan
Gottfried Liebniz (1673)
*      Mathematician
*      Mengembangkan mesin Pascal
*      Penjumalah, perkalian, dan pembagian
Charles Babbage (1822)
*      Mathematician, Bapak “Komputer Modern”
*      Menginginkan akurasi dalam perhitungan
*      Membuat mesin pengurang
*      Membuat tabel kimputasi matematik
*      Membuat mesin analis
*      Melakukan berbagai operasi penghitungan
*      Menemukan punch card
*      Menciptakan struktur modern dari I/O, Storage, ALU
*      Operasi penjumlahan dalam 1 detik perkalian dalam 1 menit




n  Komputer modern
n  IBM
n  Apple Computers
n  Microsoft
n  Open Source, GNU, FSF
n  Intel: processor
n  8080, 8086
n  80286, ... 80x86
n  Pentium


Jenis – jenis Komputer

n  Super computer
      Contoh: IBM Asci White, Cray,etc)
n     Mengolah data dlm jumlah sangat banyak, mis. Simulasi
n     12,500 BIPS



n  Mainframe computer
      Contoh: IBM z900
n     Banyak orang mengakses data yang sama secara bersamaan
n     2,500 MIPS ( 2,5 BIPS)



n  Minicomputer
n     IBM AS/400


n  Workstation
n  Microcomputer, Personal Computer
n     IBM PC, 1981


n  Notebook, Laptop
n     Mudah dibawa bepergian
n     Menggunakan baterai sbg. Pengganti listrik


n  Personal Digital Asistant, Palmtop
n     Disebut juga Palmtop
n     Pen-based computer
n     Tablet pc
n     Cellular phone


n  Cellular Phone
n  Tablet PC


Daftar Pustaka

1.       Larenta, Apriyani, 2012. Creative With Microsoft Office Word 2003-2010 Jakarta. Elex Media Komputindo.
2.      Elcom, 2011. 6 in 1 Aplikasi Microsoft Office 2010 yang perlu anda tahu. Yogyakarta : Andi Offset
3.      Madcoms, 2011. Memaksimalkan rumus dan Fungsi Microsoft Access 2010. Yogyakarta. Andi Offset
4.      Hadi Purnomo, Catur, 2011. Panduan Belajar Otodidak Microsoft Office PowerPoint 2010, Mudah Lengkap & Praktis. Jakarta : Mediakita.
5.      Andi (Smitdev), 2011. 123 Fungsi dan Formula Excel 2010. Yogyakarta : Andi Offset
6.      Madcoms, 2011. Kupas Tuntas Microsoft Word 2010. Yogyakarta. Andi Offset
7.      Madcoms, 2011. Mahir dalam 7 Hari Microsoft Powerpoint 2010.Yogyakarta : Andi Offset
8.       Alam, M. Agus J., 2007. Microsoft Office Excel 2007. Penerbit:  PT Elex Media Komputindo. Jakarta.
9.       Yoevestian, Whindy., 2007. Tip Menyusun Presentasi Efektif dengan PowerPoint 2007., Editor:., Penerbit:  PT Elex Media Komputindo. Jakarta.

10.    Rusli, Komara, dkk., 2001. Dunia Tanpa Batas (Panduan Penggunaan Internet bagi Awam). Bandung: Studio Driya Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar