Komputer berasal dari bahasa latin computare
yang mengandung arti menghitung. Karena luasnya bidang garapan ilmu komputer,
para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan terminologi komputer.
Menurut
Hamacher: komputer adalah mesin penghitung elektronik yang
cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai
dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa
informasi.
Menurut
Blissmer: komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu
melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
menerima
input
memproses input tadi sesuai dengan programnya
menyimpan
perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
menyediakan
output dalam bentuk informasi
Sedangan
Fuori: berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang
dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika
dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.
Untuk
mewujudkan konsepsi komputer sebagai pengolah data untuk menghasilkan suatu
informasi, maka diperlukan sistem komputer (computer system) yang
elemennya terdiri:
Hardware
Software
Brainware,
humanware
Daftar Pustaka
Hardware terdiri dari :
1. Processor
Processor, merupakan bagian dari
perangkat keras komputer yang melakukan pemprosesan aritmatika dan logika serta
pengendalian operasi komputer secara keseluruhan. Prosesor terdiri atas dua
bagian utama, yaitu ALU (Arithmetic Logic Unit) dan Control Unit.
Kecepatan
kerja prosesor biasanya ditentukan oleh kecepatan clock dari Control Unit-nya.
Contoh
: jika prosesor memiliki frekuensi clock 350 MHz, berarti kecepatan pemprosesan
satu instruksinya = T = 1/f = 1/(350 x 106 Hz), = 0,286 x 10-8 detik.
2. Memory
Memory, berdasarkan fungsinya
dibagi menjadi dua yaitu
Primary
Memory,
dipergunakan untuk menyimpan data dan instruksi dari program yang sedang
dijalankan. Biasa juga disebut sebagai RAM. Karakteristik dari memori primer
adalah
Volatil
(informasi ada selama komputer bekerja. Ketika komputer dipadamkan, informasi
yang disimpannya juga hilang)
kecepatan
tinggi
akses
random (acak)
Secondary
Memory,
dipergunakan untuk menyimpan data atau program biner secara permanen.
Karakteristik dari memori sekunder adalah
non
volatil atau persisten
kecepatan
relatif rendah (dibandingkan memori primer)
akses
random atau sekuensial
Contoh
memori sekunder : floppy, harddisk, CD ROM, magnetic tape, optical disk, dll.
Dari seluruh contoh tersebut, yang memiliki mekanisme akses sekuensial adalah magnetic
tape
3. Input Output Device
Input-Output
Device,
merupakan bagian yang berfungsi sebagai penghubung antara komputer dengan
lingkungan di luarnya. Dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu
Input
Device (Piranti
Masukan), berfungsi sebagai media komputer untuk menerima masukan dari luar.
Beberapa contoh piranti masukan :
keyboard.,
mouse, touch screen, scanner, camera, modem, network card
Output
Device (Piranti
Keluaran), berfungsi sebagai media komputer untuk memberikan keluaran. Beberapa
contoh piranti masukan :
Monitor, Printer, Speaker, Plotter, Modem, network
card
Software terdiri dari :
- software sistem à perangkat lunak yang mengatur
pemanfaatan sumber daya komputer bagi user dan software aplikasi, yaitu
sistem operasi (MS-DOS, MS-Windows, UNIX, dsb)
- software aplikasi à pernagkat lunak yang membantu
menyelesaikan pekerjaan user, contoh aplikasi pengolah kata, aplikasi
pengolah kertas kerja, dsb
BRAINWARE
(SDM)terdiri dari :
Computer Operator: mengoperasikan komputer
secara keseluruhan
Data Entry Operator: petugas penginputan data.
Librarian:bertanggungjawab atas
penyimpanan file data/ program
Computer Programmer: pembuat program berdasar
spesifikasi dari system analyst
Network manager/ system
manager:
bertanggungjawab atas kelancaran sistem.
System analyst: merancang sistem komputer
secara keseluruhan (analog spt. Arsitek)
Chief Information Officer (Manager Dept. Sistem
Informasi)
Perkembangan Generasi
Komputer
n . . . . - 1641 : Manual
n 1642 - 1885 : Mekanis
n 1886 - 1945 :
Elektromekanis
n 1946 - . . . . : Elektronik
n Pra-1600: dimulai pada masa
menggunakan Abacus sebagai:
n Kalkulator personal yang
pertama
n Memperkenalkan posisi angka
dalam perhitungan
n Muhammad Ibn Musa
Al’Khowarizmi:
n Abad 12
n Menuliskan suatu proses
yang diikuti keterantang tentang tujuannya, merupakan cikal bakal cara
penulisan program
n Memperkenalkan Algoritma
n Era Mekanis (1600-1940),
John Napier (1612):
n Mathematician,
mengembangkan logaritma
n Membuat mesin perkalian
Willian Oughtred (1622)
Menemukan slide rule
Berbasis pada Algoritma Napier
Digunakan pada scientist dan Engineers sampai
pertengahan 1900
Wilhelm Schickhard (1623)
Astronom dan Mathematician
Menjelaskan cara kerja suatu mesin yang secara
otomatis dapat melakukan operasi penjumalahan, pengurangan, perkalian dan
pembagian
Blaise Pascal (1642)
Mathematician
Memproduksi suatu mesin hitung secara masal
Hanya dapat melakukan operasi penjumlahan dan
pengurangan
Gottfried Liebniz (1673)
Mathematician
Mengembangkan mesin Pascal
Penjumalah, perkalian, dan pembagian
Charles Babbage (1822)
Mathematician, Bapak “Komputer Modern”
Menginginkan akurasi dalam perhitungan
Membuat mesin pengurang
Membuat tabel kimputasi matematik
Membuat mesin analis
Melakukan berbagai operasi penghitungan
Menemukan punch card
Menciptakan struktur modern dari I/O, Storage, ALU
Operasi penjumlahan dalam 1 detik perkalian dalam 1
menit
n Komputer modern
n IBM
n Apple Computers
n Microsoft
n Open Source, GNU, FSF
n Intel: processor
n 8080, 8086
n 80286, ... 80x86
n Pentium
Jenis – jenis Komputer
n Super computer
Contoh: IBM Asci White, Cray,etc)
n Mengolah data dlm jumlah
sangat banyak, mis. Simulasi
n 12,500 BIPS
n Mainframe computer
Contoh: IBM z900
n Banyak orang mengakses data yang sama
secara bersamaan
n 2,500 MIPS ( 2,5 BIPS)
n Minicomputer
n IBM AS/400
n Workstation
n Microcomputer, Personal
Computer
n IBM PC, 1981
n Notebook, Laptop
n Mudah dibawa bepergian
n Menggunakan baterai sbg.
Pengganti listrik
n Personal Digital Asistant,
Palmtop
n Disebut juga Palmtop
n Pen-based computer
n Tablet pc
n Cellular phone
n Cellular Phone
n Tablet PC
Daftar Pustaka
1. Larenta, Apriyani, 2012. Creative With Microsoft Office
Word 2003-2010 Jakarta. Elex Media Komputindo.
2. Elcom, 2011. 6 in 1 Aplikasi Microsoft Office 2010 yang
perlu anda tahu. Yogyakarta : Andi Offset
3. Madcoms, 2011. Memaksimalkan rumus dan Fungsi Microsoft
Access 2010. Yogyakarta. Andi Offset
4. Hadi Purnomo, Catur, 2011. Panduan Belajar Otodidak
Microsoft Office PowerPoint 2010, Mudah Lengkap & Praktis. Jakarta :
Mediakita.
5. Andi (Smitdev), 2011. 123 Fungsi dan Formula Excel 2010.
Yogyakarta : Andi Offset
6. Madcoms, 2011. Kupas Tuntas Microsoft Word 2010.
Yogyakarta. Andi Offset
7. Madcoms, 2011. Mahir dalam 7 Hari Microsoft Powerpoint
2010.Yogyakarta : Andi Offset
8.
Alam,
M. Agus J., 2007. Microsoft Office Excel
2007. Penerbit: PT Elex Media
Komputindo. Jakarta.
9.
Yoevestian,
Whindy., 2007. Tip Menyusun Presentasi
Efektif dengan PowerPoint 2007., Editor:., Penerbit: PT Elex Media Komputindo. Jakarta.
10. Rusli, Komara, dkk.,
2001. Dunia Tanpa Batas (Panduan
Penggunaan Internet bagi Awam). Bandung: Studio Driya Media.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar