Microsoft Power Point
2010
6.1 Pendahuluan
Suatu kontribusi terhadap teori belajar dan desain
pembelajaran dengan menciptakan model model yang akan membuat bagaimana pelajar
menerima, berproses, dan memanipulasi informasi. Dalam sejarah, media dan
teknologi memiliki pengaruh terhadap pendidikan. Contohnya komputer dan
internet yang telah mempengaruhi proses pembelajaran sampai saat ini.
Aturan-aturan dari pendidikan dan pembelajaran telah berubah karena dipengaruhi
media dan teknologi yang digunakan didalam kelas. Perubahan tersebut sangat
esensial karena sebagai penuntun dalam proses pembelajaran, pendidik berhak
menguji media dan teknologi dalam konteks belajar dan itu berdampak pada hasil
belajar mahasiswa.
Belajar adalah proses pengembangan pengetahuan,
keterampilan-keterampilan, atau pengembangan tingkah laku sebagai interaksi
individu, menyangkut fasilitas-fasilitas fisik, psikologis, metode
pembelajaran, media dan teknologi. Belajar adalah proses yang dilakukan
sepanjang waktu oleh individu manapun. Dengan demikian, belajar adalah proses
yang melibatkan proses seleksi, pengaturan, dan penyampaian pesan yang pantas
kepada lingkungan dan bagaimana cara pembelajar berinteraksi dengan informasi
tersebut.
Pendapat beberapa observer mengatakan penggunaan
perangkat keras didalam kelas telah tersebar luas dan hal ini menunjukkan
peserta didik diperlakukan seolah olah adalah mesin dibanding manusia, ini
disebabkan oleh Dehumanisasi dalam pengajaran atau proses pembelajaran.
Secara umum, media adalah saluran komunikasi. Makna media
dalam bahasa Latin adalah “antara”. Istilah ini mengacu pada apapun yang
membawa informasi antara sumber dan penerima informasi. Contohnya meliputi
Video, Televisi, Diagram, Output tercetak, komputer dan instruktur. Ini semua
dianggap media pembelajaran ketika membawa pesan dengan tujuan pembelajaran.
Tujuan dari media adalah untuk memudahkan komunikasi.sejalan dengan adanya
sekolah dan kampus berbasis media dan jaringan internet, dunia menjadi kelas
tersendiri bagi pembelajar. Dengan demikian penyeragaman kurikulum di dunia
pendidikan dianggap wajar.
Media pembelajaran yang menggabungkan pengalaman kongkrit
membantu anak didik untuk menggabungkan pengalaman sebelumnya, sehingga
mempermudah untuk mempelajari konsep konsep abstrak, misalnya anak didik yang
telah melihat berbagai aspek pembangunan jalan layang dan jalan raya. Mereka
melihat pekerja bekerja, dan mereka melihat tahap tahap pembangunan jalan, akan
tetapi, mereka perlu memiliki pengalaman pengalaman ini yang akan digabungkan
ke dalam dugaan yang disamaratakan tentang apa yang dimaksud dengan pembangunan
jalan. Menunjukan video yang menggambarkan seluruh proses yang terkait satu
dengan lainnya, merupakan cara ideal untuk menggabungkan berbagai pengalaman
mereka ke dalam suatu ringkasan yang bermakna.
Di dalam mengembangkan teori pembelajaran, Bruner
mengusulkan bahwa pembelajaran harus langsung berasal dari pengalaman ke benda
benda yang disajikan berdasarkan pengalaman (penggunaan gambar-gambar atau
video) ke simbol simbol penyajian (seperti penggunaan kata-kata)
Media memiliki peran penting dalam pembelajaran.
Pembelajaran mungkin saja bergantung pada keberadaan seorang pendidik. Bahkan
dalam situasi ini pendidik mungkin saja bergantung pada penggunaan media. Disisi
lain, pembelajaran mungkin tidak memerlukan seorang pendidik.
Penggunaan media dan teknologi dalam situasi pengajaran
adalah untuk memberikan dukungan tambahan bagi instruktur agar lebih hidup di
dalam kelas. Tentunya media pembelajaran dirancang dengan baik dan sesuai.
Secara tradisional, metode pembelajaran telah digambarkan
sebagai “bentuk-bentuk presentasi” seperti ceramah, kuliah dan diskusi-diskusi.
Dalam bab ini akan dibahas pengenalan, unsur-unsur presentasi, sejarah
perkembangan media presentasi serta bagaimana membangun sebuah presentasi
menggunakan perangkat lunak Microsoft Power Point 2010.
6.2 Pengertian Presentasi
Presentasi merupakan salah satu bentuk komunikasi,
presentasi dapat diartikan sebagai kegiatan pengajuan suatu topik, pendapat,
ataupun informasi kepada orang lain.
6.3 Unsur-unsur Pokok Presentasi
Adapun unsur pokok dalam presentasi adalah sebagai
berikut :
1)
Presenter, adalah pihak
yang melakukan presentasi.
2)
Audience, adalah peserta
presentasi.
3)
Tools, adalah media
atau alat presentasi.
6.4 Jenis Presentasi Berdasarkan Sifat Interaksi
Presentasi Langsung
Ø Contoh ; Guru dan Murid atau dosen dan mahasiswa
tatap muka dikelas.
Ø
Teleconference
; adalah presentasi secara langsung antara presenter dan audiens yang saling
berjauhan dengan bantuan teknologi komunikasi.
Presentasi Tak Langsung
Ø Contoh ; Koran, Majalah, Tabloid.
6.5 Jenis Presentasi Berdasarkan
Sifat Medianya
1) Presentasi Audio ; Presentasi yang menggunakan
media suara.
2) Presentasi Visual ; Presentasi yang menggunakan
media gambar.
3) Presentasi Audio Visual ; Presentasi yang
menggunakan media suara dan gambar seperti Video.
6.6 Perkembangan Teknologi Presentasi
Bila kita melihat sejarah, maka perkembangan
teknologi presentasi dapat kita gambarkan sebagai berikut :
Kapur
dan Blackboard
Papan tulis itu pertama kali diperkenalkan pada
tahun 1960-an, pada saat itu papan tulis mulai muncul dipasar, tidak
terpikirkan akan ditempatkan pada ruangan kelas, hingga tahun 1990-an, mulailah
ada perintis-perintis yang memerlukan papan tulis sebagai alat dan bahan untuk
memudahkan proses belajar-mengajar, hingga pada masa itu, sudah ada yang
namanya blackboard (papan tulis hitam) dengan kapur sebagai alat tulisnya.
Papan tulis dahulu dibuat dari lembaran papan yang
dicat dengan cat yang tidak mengkilat, biasanya berwarna hitam
atau hijau. Papan tulis dahulu digunakan di sekolah-sekolah dan
institusi pendidikan dan pelatihan. Tulisan atau gambar yang dibuat dengan
kapur tulis mudah dihapus dengan lap basah atau penghapus papan tulis
yang dibuat dari secarik karpet yang ditempelkan disepotong kayu.
Sedangkan tulisan yang dibuat dari kapur tulis yang dibasahkan biasanya lebih
sulit dihapus. Produsen papan tulis biasanya menganjurkan permukaan papan tulis
yang baru dibeli supaya dipenuhi dulu dengan coretan coretan lebar kapur tulis.
Setelah coretan coretan dihapus, papan tulis siap untuk digunakan.
Banyaknya tingkat kealergian terhadap kapur tulis,
maka seiring dengan berjalannya zaman, mulailah dibuat yang namanya whiteboard
(papan tulis putih) dengan alat tulis berupa spidol ataupun pena bertinta tebal. Hingga pada saat ini
ditemukan beranekaragam whiteboard seperti whiteboard magnet, sakan, jurnal,
dll. Hingga pada tingkat ini ada kemajuan dalam dunia industri terutama bagi
produsen-produsen pembuat spidol dan mungkin sampai saat ini whiteboard masih
melekat dalam ingatan-ingatan khususnya pelajar/mahasiswa.
Spidol
dan Whiteboard
Papan tulis ini diciptakan oleh Martin Heit,
seorang Fotografer dan Veteran perang Korea. Ide ini awalnya dikembangkan untuk
menerima pesan-pesan di atas. Selama bekerja dengan Film, ia menyadari bahwa
catatan dapat direkam pada film negatif menggunakan spidol dan dapat dengan
mudah dihapus dengan tissue basah. Papan tulis awal terbuat dari laminasi film,
cetak mengkilap yang sama ditemukan pada film negatif.
Sebuah prototipe dibuat dan siap untuk
mengungkapkan, ketika lemari kaca terbakar malam sebelumnya untuk pembukaan
bersama dengan prototipe papan tulis. Mr Heit memilih untuk menjual ide untuk
Dr Markus, yang mulai memperkenalkan mereka ke dunia pendidikan.
Pada pertengahan tahun 1960-an, papan tulis
pertama mulai muncul di pasar. Dalam kelas, adopsi luas mereka tidak terjadi sampai
awal tahun 1990-an ketika keprihatinan atas alergi dan resiko kesehatan lainnya
yang potensial ditimbulkan oleh debu kapur diminta penggantian penggunaan papan
tulis kapur.
Enamel-on-baja papan tulis magnetik telah melalui
beberapa perbaikan, seperti pengurangan biaya dan pengurangan silau yang
disebabkan oleh permukaan Glossy, Kecenderungan saat ini adalah porselen- baja
magnetik papan penghapus kering. Ini dianggap sebagai kualitas tertinggi dalam
industri. Mereka sekarang sangat umum di sekolah, universitas, dan Rumah Sakit.
Lembaran papan tulis yang didukung lem, poster,
dan roti yang tersedia, memungkinkan semua permukaan, bahkan jika berbentuk
tidak teratur atau non-tingkat, akan berubah menjadi permukaan yang menulis
papan tulis.
Permukaan penanda yang jelasterbuat dari kaca atau
akrilik dilapisi khusus, juga muncul di pasar sekitar 2007 dan telah
dipopulerkan oleh TV dan Film.
Overhead Projector
OHP (Overhead Projector) merupakan jenis perangkat
keras yang sangat sederhana, terdiri dari atas sebuah kotak dengan bagian
atasnya sebagai landasan yang luas untuk meletakkan transparansi. Cahaya yang
amat terang dari lampu proyektor amat kuat menyorot dari dalam kotak kemudian
dibiaskan oleh sebuah lensa khusus, yaitu lensa fresnel, melewati sebuah
transparansi ukuran 20 x 25 cm yang ditempatkan di atas landasan tersebut.
Sebuah sistem pemantul cahaya dari cermin dan lensa, yang ditempatkan di atas
kotak landasan, menghasilkan berkas cahaya berbelok 90 derajat. Dengan lampunya
yang amat terang dan sistem optiknya yang efisien, menghasilkan banyak sekali
cahaya sehingga memungkinkan untuk dipergunakan di ruangan biasa tanpa
penggelapan.
Overhead Proyektor/ Overhead Transparansi yang
pertama digunakan untuk identifikasi polisi bekerja. Itu menggunakan plastik
roll over a 9-inch memungkinkan karakteristik wajah tahap untuk menjadi
menggelinding di panggung. The US Army pada tahun 1945 adalah yang pertama
menggunakannya dalam kuantitas untuk pelatihan sebagai Perang Dunia II.
Overhead Proyektor mulai digunakan secara luas disekolah sekolah dan bisnis di
akhir 1950-an dan awal 1960-an.
Produsen utama Overhead Proyektor dalam periode
awal ini adalah perusahaan 3M. Sebagai permintaan proyektor tumbuh, Buhl
Industri didirikan pada tahun 1953, dan menjadi kontributor terkemuka AS selama
beberapa penyempurnaan optik untuk proyektor Overhead dan Lensa Proyeksi. Pada
tahun 1957,di Amerika Serikat penjualan Overhead Proyektor tertinggi hingga
akhir 1990.
Pada awal 1980-an dan 1990-an, overhead proyektor
sering digunakan sebagai bagian dari kelas layar komputer/sistem proyeksi.
Sebuah panel kristal cair dipasang pada bingkai plastik diletakkan di atas
proyektor overhead dan dihubungkan ke output video komputer, sering membelah
dari output monitor normal. Sebuah kipas pendingin dalam bingkai panel LCD akan
meniup pendingin udara di LCD untuk mencegah Overheating yang akan mengaburkan
gambar.
Personal Komputer dan LCD Projector
LCD Proyektor ditemukan di New York oleh Gene Dolgoff. Dia mulai bekerja di dalam kampus
pada tahun 1968 dan bertujuan untuk memproduksi sebuah video proyektor
yang dalam idenya akan membuat sebuah LCD yang lebih cerah dibanding dengan
3-CRT proyektor. Ide tersebut untuk menggunakan elemen yang disebut
sebagai “cahaya katup” untuk mengatur jumlah cahaya yang melewati itu. Hal ini
akan memungkinkan penggunaan yang sangat ampuh untuk sumber cahaya eksternal.
Setelah mencoba berbagai bahan, dia menduduki kristal cair untuk mengatur
terang pada tahun 1971. Ia membawanya sampai tahun 1984 untuk mendapatkan
Addressable layar kristal cair (LCD), yang dibangun adalah ketika ia pertama di
dunia LCD proyektor. Setelah pemeriksaannya itu, dia melihat banyak masalah
yang harus dikoreksi termasuk kerugian besar. Dia kemudian menggunakan metode
baru untuk menciptakan efisiensi yang tinggi untuk menghilangkan tampilan pada
piksel. Ia mulai bekerja di Projectavision Inc pada tahun 1988, pertama kali
dunia LCD proyektor didirikan. Dengan menggunakan media komputer dan Liquid Crystal
Display (LCD) Projektor, pada prinsipnya cara kerja proyektor menggunakan file
hasil olahan perangkat lunak presentasi yang outputnya dari komputer diteruskan
ke layar LCD proyektor.
Pada tahun 1989, dia bergabung sebagai anggota
Nasional Assosiasi Produsen Fotografi (NAPM) Standar Sub Komite, IT7-3, dia
bersama dengan Leon Shapiro, co-Ansi di seluruh dunia mengembangkan standar
pengukuran dan kecerahan, kontras sampai resolusi proyektor elektronik. Awalnya
LCD yang digunakan dengan sistem ada pada overhead proyektor. Tapi, LCD sistem
tidak memiliki sumber cahaya sendiri. Dengan susah payah dan beribu kegagalan
tanpa patah semangat akhirnya mereka bisa sukses dan populer sampai sekarang
ini.
Mereka memulainya dengan teknologi yang digunakan
dalam beberapa ukuran dari belakang proyeksi konsol televisi, LCD ini
menggunakan sistem proyeksi di televisi set besar adalah untuk memungkinkan
kualitas gambar yang lebih baik sebagai sanggahan satu televisi 60 Inchi,
walaupun saat ini sebagai saingan utama dari Proyektor LCD adalah LG 100 inch
LCD TV. Pada tahun 2004 dan 2005, LCD proyeksi telah kembali datang dengan
fitur yang lebih lengkap karena yang dinamis warna.
Smartboard
Sebagaimana kita ketahui bahwa “Accelerated
Learning” atau bahasa kitanya adalah “Percepatan Pembelajaran” dapat dilakukan
dengan menggunakan alat bantu pengajaran. SmartBoard adalah salah satu alat
yang dibuat oleh SMART Technologies yang sangat cocok untuk digunakan dalam
Accelerated Learning.
Geberasi terbaru touchscreen hadir sebagai media
presentasi interactive, dimana proses penyampaian suatu materi/presentasi
menjadi lebih mudah. SMARTBOARD adalah media presentasi dan media informasi
yang berasal dari CANADA yang memiliki kemampuan merekam suatu presentasi
termasuk melakukan “Conference Presentation” yaitu presentasi yang dilakukan di
dua lokasi atau lebih secara bersamaan dan bisa saling mengkoreksi apabila
terjadi kesalahan.
Pada dasarnya fungsi utama smartboard adalah
memindahkan fungsi PC/Laptop kepada Board atau LCD. Apabila pada PC/Laptop
terdapat keyboard, mouse, dan monitor, maka pada smartboard ini semua fungsi
tersebut menjadi satu kesatuan atau all in one. Memiliki Virtual keyboard,
mouse yaitu jari kita (touchscreen) dan tentu saja board/LCD pada smartboard
sebagai monitor.
Dasar Microsoft Power Point
Microsoft Power Point, biasanya hanya disebut
Power Point, adalah program presentasi komersial yang dikembangkan oleh Microsoft.
Ini adalah bagian dari Microsoft Office suite, dan berjalan pada Microsoft
Windows dan Apple Mac OS X sistem operasi. Versi saat ini adalah Microsoft
Power Point 2010 untuk Windows, dan 2011 untuk Mac. Versi Asli dari program ini
diciptakan oleh Dennis Austin dan Thomas Rudkin . Awalnya dirancang untuk
komputer Macintosh, rilis awal disebut “Presenter”. Pada tahun 1987, itu
namanya menjadi “Power Point” karena masalah dengan merek dagang, ide untuk
nama yang berasal dari Robert Gaskin. Pada bulan agustus tahun yang sama,
pemikirannya dibeli oleh Microsoft sebesar $ 14 juta USD, dan menjadi Microsoft
Graphics Business Unit, yang terus mengembangkan perangkat lunak.
Power Point berubah secara signifikan dengan Power
Point 97. Sebelumnya Power Point 97, Presentasi yang linier, selalu dimulai
dari satu slide ke slide berikutnya. Powerpoint 97 digabungkan dengan bahasa
Visual Basic Application (VBA), yang mendasari semua generasi makro di Office
97.
Microsoft Powerpoint adalah suatu Aplikasi yang
akan membantu dalam menyusunsebuah presentasi yang efektif, profesional, dan
juga mudah. Microsoft Power Point akan membantu dalam pembutan slide, outline
presentasi, presentasi elektronika, menampilkan slide yang dinamis, termasuk
clip art yang menarik, yang semuanya itu mudah ditampilkan di layar monitor
komputer.
Mengoperasikan
Power Point 2010
1. Klik tombol start menu
2. Klik
All Program > Microsoft Office > Microsoft Power Point 2010
Daftar Pustaka
1. Larenta, Apriyani, 2012. Creative With Microsoft Office
Word 2003-2010 Jakarta. Elex Media Komputindo.
2. Elcom, 2011. 6 in 1 Aplikasi Microsoft Office 2010 yang
perlu anda tahu. Yogyakarta : Andi Offset
3. Madcoms, 2011. Memaksimalkan rumus dan Fungsi Microsoft
Access 2010. Yogyakarta. Andi Offset
4. Hadi Purnomo, Catur, 2011. Panduan Belajar Otodidak
Microsoft Office PowerPoint 2010, Mudah Lengkap & Praktis. Jakarta :
Mediakita.
5. Andi (Smitdev), 2011. 123 Fungsi dan Formula Excel 2010.
Yogyakarta : Andi Offset
6. Madcoms, 2011. Kupas Tuntas Microsoft Word 2010.
Yogyakarta. Andi Offset
7. Madcoms, 2011. Mahir dalam 7 Hari Microsoft Powerpoint
2010.Yogyakarta : Andi Offset
8.
Alam,
M. Agus J., 2007. Microsoft Office
Excel 2007. Penerbit: PT Elex
Media Komputindo. Jakarta.
9.
Yoevestian,
Whindy., 2007. Tip Menyusun Presentasi
Efektif dengan PowerPoint 2007., Editor:., Penerbit: PT Elex Media Komputindo. Jakarta.
10. Rusli, Komara, dkk.,
2001. Dunia Tanpa Batas (Panduan
Penggunaan Internet bagi Awam). Bandung: Studio Driya Media.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar