Pendahuluan
Microsoft Word adalah Perangkat Lunak
Aplikasi untuk Pengolah Kata (Word Prosessor). Microsoft Word pertama
diterbitkan pada tahun 1983 dengan nama Multi-Tool-Word untuk Xenix, versi
versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai jenis sistem operasi. Misalnya
DOS (1983), SCO UNIX, OS/2. Dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi
bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office
Word.
Cara
Mengaktifkan Program Microsoft Word
Untuk menjalankan Program Microsoft Word 2010, pertama
tama program MS Office 2010 sudah dipastikan terinstall dengan baik ke dalam
Personal Komputer / Laptop kita. Kemudian dari Menu Start Windows 7 klik – all
program – MS Word 2010, maka Windows akan menjalankan/Run program tersebut.
Mengenal
Microsoft Word 2010
Microsoft Word dirancang khusus untuk
menjalankan program word processing atau yang berhubungan dengan pembuatan
surat menyurat atau dokumen.
Ide-ide pembuatan Word banyak diambil
dari Bravos, pengolah kata berbasis grafik pertama yang dikembangkan di XEROX
Palo Alto Research Center (PARC). Pencipta Bravos, Charles Simonyi meninggalkan XEROX PARC dan pindah ke microsoft
pada tahun 1981.
Setelah Word diberi nama baru
Microsoft Word, Microsoft menerbitkan program ini pada 25 Oktober 1983 untuk
IBM PC. Saat itu pengolah kata didunia dikuasai oleh Word Perfect dan WordStar.
Word memiliki konsep “What you see is
what you get” atau WYSIWYG, dan merupakan program pertama yang dapat
menampilkan cetak tebal dan cetak miring pada IBM PC.
Word juga banyak menggunakan Tetikus
(Mouse) yang pada saat itu tidak Lazim sehingga mereka menawarkan paket word
with mouse. Word prosesor berbasis DOS lain, seperti wordstar dan wordperfect,
menampilkan hanya teks dengan kode markup dan warna untuk menandai performatan
cetak tebal, miring dan sebagainya.
Microsoft Word 2010 adalah
versi paling terbaru yang dikeluarkan Microsoft untuk Office pada Windows,
dengan dukungan untuk Windows 7,Windows Vista (dengan service pack 2),
Microsoft XP (service Pack 3). Fitur fitur terbaru yang diberikan Word 2010 ini
adalah : Penghilang Fitur fitur yang tidak diperlukan di Microsoft Word 2010
sehingga membuat Lebih ringan.
- Autocorrect
- MailMerge
- Auto
Page Index
- Macro
- Auto
Formatting
- HTML
Editor
- Booklet
Layout
- What
You See What You Get
- Mendukung
format XML dan ODF (word 2010)
- Dukungan
Grafis 3D yang Lebih baik.
- Mendukung
standarisasi format open dokumen format (ODF)
- Penyimpan
terhadap format .pdf dan .xps yang lebih mudah
- Disediakan
versi untuk 32 bit dan 64 bit.
Mengoperasikan
Dokumen
Program Microsoft Word
2010 adalah program yang khusus digunakan untuk membuat dokumen dan surat
menyurat baik itu dengan manual (cetak) ataupun dengan email
Menyimpan
Dokumen
Untuk menyimpan dokumen
yang telah selesai kita buat, cukup dengan mengklik tanda save atau klik File - Save
atau Control + S. Dan kemudian akan tampil jendela Save As dan ketik nama file yang
diinginkan.
Secara default file akan disimpan di folder my documents.
Disana terdapat 17 jenis file yang dapat disimpan, sebelum mengklik SAVE pilih
dahulu jenis file yang akan disimpan pada kotak Save As Type.
Membuka Dokumen
Untuk Membuka file yang sudah dibuat, cukup dengan menekan
tombol Control + O atau File – Open, kemudian carilah folder
dan file tersebut.
Menyimpan Dokumen dengan Nama yang
Lain
Dokumen yang sudah dibuat
dapat juga disimpan dengan nama yang lain, sehingga jika ada perubahan maka isi
dokumen yang pertama tidak akan hilang atau berubah, karena sudah disimpan
dengan nama yang lain. Untuk menyimpan file dengan nama yang lain klik File - Save As. Kemudian masukan nama
file yang berbedadengan nama file sebelumnya.
Mengakhiri Microsoft Word 2010
Setelah selesai bekerja dengan Microsoft Word 2010, Anda
Dapat mengakhiri program tersebut dengan Langkah sebagai berikut :
Simpan terlebih dahulu Lembar Kerja
Kemudian pilih salah satu Langkah untuk mengakhiri penggunaan
Ms Word 2010 :
- Klik icon (tanda Silang) yang
berada disebelah kanan atas. Atau
- Klik File – Exit
- Atau Tombol Alt + F4
MEMFORMAT DOKUMEN
Mengatur Ukuran Dokumen Agar Rapi
Sering kita mengalami dokumen yang kita cetak ternyata tata
letaknya tidak seperti yang diharapkan. Margin kiri dan Margin kanan nya
terlalu mepet, sebagai contoh area cetaknya terlihat lebih kecil ketimbang
daripada ukuran kertasnya. Untuk mengatasi hal tersebut kita harus menggunakan fitur Page Setup. Dengan fitur ini dokumen akan terlihat rapi setelah
dicetak. Cara untuk merapikan dokumen dengan menggunakan Page Setup adalah :
Sebelum mengerjakan pekerjaan dengan
menggunakan Ms Word 2010 ada baiknya mengatur jenis/ukuran kertas terlebih
dahulu. Klik Tab Page Layout – Size maka
akan muncul bermacam-macam jenis ukuran kertas. Pilihlah sesuai dengan yang
kita inginkan. Apabila tidak ada yang sesuai dengan kebutuhan kita maka klik More Papper
Sizes....
Untuk mengatur ukuran kertas dapat dipilih Width (Lebar) dan Height
(tinggi) kertas.
Mengatur Margin (Atas, Bawah, Kiri,
dan Kanan)
Margin adalah jarak antara tepi daerah pengetikan dengan tepi halaman kertas.
Untuk melakukan pengaturan margin, berikut langkah-langkahnya :
- Klik Tab Page Layout yang berada disebelah kanan bawah. Yang kemudian akan muncul jendela page Layout.
- Pilih Tab Margin dan kemudian ubah margin-margin yang ada dengan ukuran yang disesuaikan dengan pekerjaan.
Top : Margin Atas
Left : Margin Kiri
Bottom : Margin Bawah
Right : Margin Kanan
- Orientation adalah bentuk kertas, dengan
pilihan Portrait (bentuk kertas
tegak), dan Landscape (bentuk
kertas miring)
Menentukan Jenis dan Ukuran Huruf
yang akan digunakan
Teks yang akan kita buat dapat menggunakan bermacam-macam huruf (font)
yang telah disediakan didalamnya. Langkah-langkahnya adalah :
- Klik Tab Home kemudian pilih Group Font.
- Klik panah bawah yang berada
pada jenis Font dan ukuran kemudian pilihlah sesuai dengan kebutuhan.
- Untuk mengubah bentuk-bentuk tampilan teks lainnya klik kotak kecil kanan bawah atau Control + D
- Pilihlah pengaturan teks sesuai yang diinginkan, yang dapat dilihat pada gambar 3.9
·
Font, untuk memilih jenis huruf.
·
Font Style, untuk memilih model font. Regular
(Normal), Italic (cetak miring), Bold (Tebal) dan Bold Italic (tebal) dan cetak
miring.
·
Size, untuk mengubah ukuran huruf.
·
Font Color, untuk mengubah warna huruf.
·
Underline Style, untuk mengatur jenis Garis bawah.
·
Underline Color, untuk mengubah warna garis bawah.
·
Strikethrough, untuk memberikan efek coretan pada
tulisan.
·
Double Strikethrough, untuk memberikan efek coretan ganda
pada tulisan.
·
Superscript, untuk membuat tulisan tercetak
lebih ke atas dengan ukuran lebih kecil. Contoh : X2 + Y2 = 5
·
Subscript, untuk membuat tulisan tercetak
lebih ke bawah dengan ukuran lebih kecil. Contoh : O2
·
Shadow, untuk memberikan efek bayangan pada karakter.
·
Quitline, untuk memberikan efek bayangan pada
karakter.
·
Emboss, untuk memberikan efek karakter tercetak timbul.
·
Engrave, untuk memberikan efek karakter
dipahat.
·
Small Caps, untuk membuat semua karakter kecil
dalam bentuk capital (huruf besar)
·
All Caps, untuk membuat semua karakter
ditampilkan sebagai huruf capital.
·
Hidden, untuk menyembunyikan tulisan.
e. Pada Menu Tab Advanced, menu ini
digunakan untuk melakukan pengaturan jarak antar spasi.
f. Fitur-fitur yang ada pada menu
Advanced adalah :
·
Scale, digunakan untuk menentukan skala yang akan dipakai pada
saat mengatur jarak antar karakter.
·
Spacing, pilih Expanded untuk merenggangkan jarak antar karakter atau Condensed
untuk merapikan jarak antar karakter. Pada kotak isian By, masukkan jarak yang diinginkan.
·
Position, pilih Raised untuk meletakkan
karakter pada posisi agak ke atas dari Normal atau Lowered untuk meletakkan
karakter pada posisi agak rendah dari Normal. Masukkan jarak yang kita inginkan
pada kotak isian By
g. Pada Preview akan terlihat hasil
karakter / huruf setelah di format.
h. Klik OK jika sudah selesai.
Mengatur Paragraf
Untk melakukan pengaturan paragraf, seperti jarak spasi dan pengaturan
perataan paragraf, berikut langkah-langkahnya :
- Klik Tab Home. Semua tombol pengaturan paragraph terdapat group paragraph, namun apabila ingin melakukan pengaturan lebih lanjut, dapat mengklik pada group paragraph untuk memunculkan kotak dialog Paragraph.
- Aturlah paragraf sesuai dengan
yang kita inginkan.
a) Allignment, untuk memilih perataan paragraf, seperti rata kiri, rata kanan, rata tengah, atau rata kiri dan rata kanan.
b) Left, untuk menentukan jarak identasi dari Margin Kiri.
c) Right, untuk menentukan jarak identasi dari margin kanan.
d) Special, untuk menentukan identasi khusus dengan jarak sesuai dengan yang kita inginkan. -
· None, apabila tidak ada identitas khusus.· First Line, jika identasi kiri hanya untuk baris pertama saja.· Hanging, jika ingin membuat identasi gantung.e) Before, untuk jarak spasi sebelum paragraf.f) After, untuk jarak spasi setelah paragraf.g) Line Spacing, untuk diisi dengan jarak spasi baris yang kita inginkan :· Singe, untuk jarak spasi 1· 1.5 Lines, untuk jarak spasi 1,5· Double, untuk jarak spasi 2.· At Least, untuk menentukan jarak spasi minimal.· Exactly, untuk menentukan jarak spasi yang tepat.· Multiple, untuk menggandakan spasi, contohnya : Single menjadi dua, 1,5 menjadi tiga dan seterusnya.
Daftar Pustaka
1. Suharno, 2009, Aplikasi Komputer, Penerbit Media Wacana, Jakarta2. Alam, M. Agus J., 2007. Microsoft Office Excel 2007. Penerbit: PT Elex Media Komputindo. Jakarta.3. Yoevestian, Whindy., 2007. Tip Menyusun Presentasi Efektif dengan PowerPoint 2007., Editor:., Penerbit: PT Elex Media Komputindo. Jakarta.4. Rusli, Komara, dkk., 2001. Dunia Tanpa Batas (Panduan Penggunaan Internet bagi Awam). Bandung: Studio Driya Media.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar