Kamis, 13 November 2014

Pertemuan 7 Aplikasi Komputer

Microsoft Power Point 2010 (Lanjutan)

7.1 Penyimpanan Awal

Sebelum anda memulai membuat sebuah presentasi, alangkah baiknya anda menyimpan terlebih dahulu dokumen anda. Untuk melakukan penyimpanan langkah yang harus dilakukan adalah membuka menu File > Save As ( gambar 7.1). Microsoft Power Point akan membuka kotak dialog di mana anda dapat menentukan nama file baru dan Lokasi di mana anda ingin menyimpan.

Setelah anda telah menetapkan nama dan tempat untuk file baru, tekan tombol Save. Secara Default, Format untuk Power Point 2010 adalah pptx (Gambar 7.2) tidak Ppt seperti Versi 97 dan sebelumnya.

Catatan : jika anda ingin menyimpan dokumen anda pada Mac dan kemudian membukanya pada PC anda harus menentukan ekstensi file (yakni ppt.) Biasanya komputer anda akan melakukan ini untuk Anda, tetapi jika anda harus melakukan proses ini sementara di simpan di As. Setelah anda telah menamai dokumen anda, anda mengubah ekstensi file dengan mengklik Save As Type > Power Point 97-2003 Presentation

7.2 Penyimpanan Selanjutnya
Ketika anda membuat rancangan presentasi, sebaiknya lakukan proses penyimpanan secara berkala, agar presentasi yang anda buat tetap aman dan tidak hilang tiba-tiba pada saat mati listrik atau komputer mengalami gangguan. Untuk menyimpan presentasi dengan seluruh slidenya, langkah yang harus anda lakukan adalah pilih File > Save.

7.3 Elemen Dasar Jendela Kerja

Elemen dasar jendela kerja yang perlu anda ketahui adalah :
1.    File adalah pengganti office button yang biasa digunakan pada aplikasi Power Point 2007.
2.    Quick Acces Toolbar adalah customizable toolbar yang berisi perintah-perintah penting seperti Save, Undo, Redo, dan masih banyak lagi perintah yang dapat ditambahkan sendiri sesuai dengan keperluan.
3.    Ribbon adalah menu bar yang berbentuk Tab yang berisi beberapa Group dan didalamnya terdapat Command Button.
4.    Slide Bar adalah tampilan thumbnail (miniature) slide yang akan anda buat. Apabila anda memilih Tab Outline, maka outline Bar berisi Title dan sub Title dari masing-masing slide akan tampil.
5.    Add Notes adalah catatan singkat yang dapat diisi dan berkaitan dengan slide yang akan anda buat.
6.    Slides adalah tempat dimana materi-materi dan isi dari presentasi yang anda buat akan ditempatkan.
7.    View Shortcut adalah fitur dalam Power Point 2010 yang berfungsi untuk mengubah tampilan slide menjadi Normal, slide shorter atau slide show.
8.    Zoom Slider adalah sebagai memperbesar atau memperkecil tampilan slide secara cepat.


7.4 Membuat dan Mengatur Presentasi

Untuk memulai pembuatan slide presentasi, ketika anda masuk dalam aplikasi Ms Power Point 2010, anda akan langsung mendapatkan satu slide baru siap pakai. Langkah-Langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut :

       1. Klik kotak teks click to add title, lalu ketikkan judul Presentasi 
       2. Kemudian klik kotak teks Click to add subtitle lalu ketikkan judul presentasi anda. 


7.5 Menambahkan Slide Baru
Setelah anda selesai membuat slide presentasi pertama, tambahkan halaman slide baru dan buatlah slide kedua, ketiga, dan seterusnya sesuai kebutuhan anda. Langkah-langkah untuk melakukan slide baru adalah sebagai berikut :
1.    Klik Tab menu Home, Lalu klik ikon New Slide.
2. Sehingga akan muncul slide baru dibawah slide yang pertama.



7.6 Mengganti Layout Slide
Saat and pertama kali membuat sebuah presentasi, maka secara default tampilan slide akan terpilih adalah slide dengan nama Tile Slide. Slide tersebut bisa anda ganti dengan pilihan Layout slide yang lain. Langkah untuk mengganti tampilan layout slide tersebut adalah sebagai berikut :
1.    Pilih Slide yang akan anda ganti Layoutnya
2.  Pilih tab Home, dan klik tombol Layout pada group slide sehingga akan tampil pilihan kotak dialog layout slide.
3.  Pilih Layout yang anda inginkan dan perhatikan perubahannya


7.7 Menggandakan Slide Presentasi
Jika anda ingin menggandakan Slide presentasi Langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut :
1.    Letakkan kursor pada slide yang akan digandakan
2.    Klik kanan Mouse pilih Duplicate Slide lihat ilustrasi gambar berikut dan lihat hasilnya 


7.8 Menggunakan Themes pada Slide
Ms Power Point 2010 memiliki cukup banyak pilihan Themes/tema yang cukup kompleks, sehingga memungkinkan anda untuk memperindah tampilan slide anda yang  lebih menarik.
Langkah-langkah untuk merubah/menampilkan themes pada slide adalah sebagai berikut :
1.    Pilih slide yang akan diberi themes
2.  Pilih tab Design, dan klik tombol more pada group Themes sehingga muncul tampilan bermacam bentuk themes 





Daftar Pustaka

1.       Larenta, Apriyani, 2012. Creative With Microsoft Office Word 2003-2010 Jakarta. Elex Media Komputindo.
2.      Elcom, 2011. 6 in 1 Aplikasi Microsoft Office 2010 yang perlu anda tahu. Yogyakarta : Andi Offset
3.      Madcoms, 2011. Memaksimalkan rumus dan Fungsi Microsoft Access 2010. Yogyakarta. Andi Offset
4.      Hadi Purnomo, Catur, 2011. Panduan Belajar Otodidak Microsoft Office PowerPoint 2010, Mudah Lengkap & Praktis. Jakarta : Mediakita.
5.      Andi (Smitdev), 2011. 123 Fungsi dan Formula Excel 2010. Yogyakarta : Andi Offset
6.      Madcoms, 2011. Kupas Tuntas Microsoft Word 2010. Yogyakarta. Andi Offset
7.      Madcoms, 2011. Mahir dalam 7 Hari Microsoft Powerpoint 2010.Yogyakarta : Andi Offset
8.       Alam, M. Agus J., 2007. Microsoft Office Excel 2007. Penerbit:  PT Elex Media Komputindo. Jakarta.
9.       Yoevestian, Whindy., 2007. Tip Menyusun Presentasi Efektif dengan PowerPoint 2007., Editor:., Penerbit:  PT Elex Media Komputindo. Jakarta.
10.    Rusli, Komara, dkk., 2001. Dunia Tanpa Batas (Panduan Penggunaan Internet bagi Awam). Bandung: Studio Driya Media.








  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar