Microsoft
Excel
Pendahuluan
Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel merupakan
program aplikasi spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft
Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini
memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik, dengan menggunakan strategi
marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu
program aplikasi komputer yang populer digunakan didalam komputer mikro hingga
saat ini. Bahkan saat ini, aplikasi ini merupakan aplikasi program yang paling
banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun
di Macintosh berbasis Mac OS. Dalam materi ini akan menjelaskan Microsoft Excel
versi 2010.
Mengenal
Microsoft Excel 2010
Microsoft Excel 2010, selanjutnya disingkat Excel 2010,
merupakan program aplikasi yang banyak digunakan untuk membantu menghitung,
mengoperasikan, menganalisa, dan mempresentasikan data. Excel 2010 merupakan
program lembar kerja atau spreadsheet yang paling populer dan paling banyak
digunakan untuk saat ini. Keunggulan excel 2010 dapat menghitung, memproyeksi,
menganalisa, serta mempresentasikan data diakui mampu meningkatkan
produktifitas kerja khususnya mengolah data berupa angka dan grafik.
Menggunakan
Microsoft Excel 2010
Untuk menjalankan aplikasi excel 2010, langkah langkah
yang harus dilakukan adalah :
1. Klik
tombol Start Menu pada windows taskbar.
2. Klik All Program > Microsoft Office > Microsoft
Excel 2010
Mengenal
Jendela Excel
Bagian yang terdapat
pada jendela Excel 2010 adalah sebagai berikut.
A. Microsoft
Office Button berisi
menu pull down. Jika anda biasa menggunakan Excel versi sebelumnya, maka item
yang terdapat di dalamnya mirip dengan item pada menu file.
B. Quick
Access Toolbar berisi
tombol atau ikon untuk mengolah data.
C. Title
Bar nama buku kerja
atau file excel.
D. Window
Button (Sizing Button) berisi
tombol minimize, maximize (restore) dan close yang berfungsi untuk mengatur
ukuran jendela atau mengakhiri penggunaan program aplikasi.
E. Ribbon
berisi semacam tombol
atau ikon untuk mengelola data (versi sebelumnya disebut juga toolbar)
F. Cell
Pointer penunjuk sel.
G. Formula
Bar atau baris rumus
atau formula berisi informasi sel yang sedang aktif.
H. Kolom
I. Baris
J. Tab
Lembar kerja
(worksheet); default worksheet dari excel adalah tiga lembar kerja dan bisa
ditambah atau dikurangi.
K. Scroll
Bar berfungsi untuk
menggeser posisi data pada layar.
L. Tombol
Navigasi berfungsi
untuk berpindah antarlembar kerja (worksheet)
M. Status
Bar berisi berbagai
tombol untuk mengaktifkan pekerjaan atau informasi tertentu.
N. View
Mode untuk mengatur
mode tampilan lembar kerja.
O. Zoom
Slider untuk memperbesar
atau memperkecil tampilan lembar kerja.
Mengakhiri Penggunaan Excel
- Klik Microsoft Office Button
- Pilih tombol Exit Excel
Atau dapat
dilakukan dengan mengklik tombol close (windows button) pada bagian atas kanan
jendela excel.
Berikut
keterangan beberapa tombol dan sub menu didalam Backstage View
Save
dan
Save As untuk menyimpan dokumen
excel 2010.
Open
untuk
membuka Workbook excel yang pernah disimpan sebelumnya.
Close
untuk menutup dokumen yang sedang aktif tanpa menutup aplikasi Program Excel.
Sub
Menu Info adalah sub menu yang akan menampilkan segala informasi
mengenai workbook yang sedang aktif. Informasi tersebut meliputi beberapa hal,
antara lain : ukuran file, tanggal pembuatan (created), tanggal terakhir
modifikasi (Last Modified), dan beberapa hal lainnya.
Recent,
dan
sub menu Recent adalah sub menu yang
menampilkan file-file workbook yang pernah dibuka terakhir kali berikut dengan
lokasi penyimpanannya, gunakan juga tombol perintah Recover Unsaved Documents untuk
membuka kembali file dokumen yang mungkin belum sampai tersimpan.
New,
Sub Menu New, merupakan sub menu yang digunakan untuk membuka lembar kerja baru
atau templet-templet lain. Pilih Blank
Workbook dan klik tombol Create.
Print,
dan sub menu Print, merupakan sub menu
untuk melakukan perintah mencetak dokumen beserta pengaturannya.
Save
& Send Sub menu Save and Send, merupakan sub menu
untuk menyimpan serta mengirim dokumen dengan memanfaatkan fasilitas internet.
Selain itu, Anda juga dapat mengubah tipe dari suatu workbook.
Pengoperasian
Microsoft Excel 2010
Membuat
Workbook Baru
Saat pertama kali anda membuka excel 2010, sebuah lembar
kosong dengan nama book 1 akan ditampilkan.
Sehingga anda dapat langsung bekerja dengan lembar kerja tersebut. Dokumen di
dalam excel memiliki istilah workbook, didalam workbook akan terdapat
halaman-halaman yang diberi nama worksheet. Kegiatan yang dilakukan dalam
pembuatan dokumen baru didalam excel pada hakekatnya adalah kegiatan pembuatan
workbook yang baru.
Langkah-langkah untuk membuat dokumen baru adalah sebagai
berikut :
Ø Klik
tab File dan pilih perintah New sehingga tampil lembar kerja yang
memuat templet-templet workbook yangg dimiliki excel 2010.
Ø Klik
icon Blank Workbook pada bagian Available Templates untuk membuat
lembar kerja kosong.
Ø Lalu
kemudian anda dapat klik tombol Create untuk
membuat workbook baru.
Menyimpan Workbook
Setelah anda memulai pengetikan, selanjutnya anda dapat
menyimpan file workbook ke media penyimpanan seperti harddisk, flashdisk atau
media penyimpanan lainnya Hal ini
dimaksudkan untuk menjaga kemungkinan kehilangan dokumen yang telah anda buat.
Langkah-langkah yang harus anda lakukan untuk menyimpan
workbook adalah :
1. Pada
Tab File pilih Save atau Save As, anda juga bisa menggunakan
Keyboard dengan menekan Ctrl + S
2. Selanjutnya akan tampil kotak dialog Save As
3. Tentukan
drive dan lokasi folder tujuan pada bagian save
in
4. Buat
atau ketikkan nama file workbook pada kotak teks File Nam
5. Klik
tombol Save untuk penyimpanan.
Catatan :
- Sebuah file Workbook akan disimpan dengan nama file berekstensi .Xlsx nama file tidak dapat
terdiri dari karakter-karakter : slash (/), backslash (\), simbol lebih
dari dan kurang dari (>) atau (<), asterik (*), tanda tanya (?),
petik ganda (“), pipe (|), titik dua (:), atau titik koma (;)
- Yang perlu anda perhatikan bahwa file excel dengan
ekstensi .Xlsx hanya dapat
dibuka di Ms Excel 2007 dan Ms Excel 2010. Apabila anda menginginkan file
penyimpanan anda dapat dibuka di Ms Excel versi sebelumnya (.Xls), maka pada bagian Save As Type pada kotak dialog Save As anda pilih Excel 97-2003 (.Xls). akan tetapi
langkah inijuga mengandung resiko bahwa beberapa fitur asli Ms. Excel 2010
yang anda gunakan didalam file tersebut tidak terbaca/kompatibel dengan Ms
Excel versi sebelum Ms Excel 2007
Membuka
File yang sudah Disimpan
Langkah untuk
membuka workbook sama dengan langkah membuka file pada program lain, yaitu
dengan menekan tombol Ctrl + O selanjutnya
akan tampil kotak dialog open yang
dapat anda.
Daftar Pustaka
1. Larenta,
Apriyani, 2012. Creative With Microsoft Office Word 2003-2010 Jakarta. Elex
Media Komputindo.
2. Elcom,
2011. 6 in 1 Aplikasi Microsoft Office 2010 yang perlu anda tahu. Yogyakarta :
Andi Offset
3. Madcoms,
2011. Memaksimalkan rumus dan Fungsi Microsoft Access 2010. Yogyakarta. Andi
Offset
4. Hadi
Purnomo, Catur, 2011. Panduan Belajar Otodidak Microsoft Office PowerPoint
2010, Mudah Lengkap & Praktis. Jakarta : Mediakita.
5. Andi
(Smitdev), 2011. 123 Fungsi dan Formula Excel 2010. Yogyakarta : Andi Offset
6. Madcoms,
2011. Kupas Tuntas Microsoft Word 2010. Yogyakarta. Andi Offset
7. Madcoms,
2011. Mahir dalam 7 Hari Microsoft Powerpoint 2010.Yogyakarta : Andi Offset
8. Alam, M. Agus J., 2007. Microsoft Office Excel 2007.
Penerbit: PT Elex Media Komputindo.
Jakarta.
9. Yoevestian, Whindy., 2007. Tip Menyusun Presentasi Efektif dengan
PowerPoint 2007., Editor:., Penerbit:
PT Elex Media Komputindo. Jakarta.
10. Rusli, Komara, dkk., 2001. Dunia Tanpa Batas (Panduan Penggunaan
Internet bagi Awam). Bandung: Studio Driya Media.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar