Kamis, 13 November 2014

Pertemuan 9 Aplikasi Komputer

Microsoft Excel

Pendahuluan
Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel merupakan program aplikasi spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program aplikasi komputer yang populer digunakan didalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan saat ini, aplikasi ini merupakan aplikasi program yang paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun di Macintosh berbasis Mac OS. Dalam materi ini akan menjelaskan Microsoft Excel versi 2010.

Mengenal Microsoft Excel 2010
Microsoft Excel 2010, selanjutnya disingkat Excel 2010, merupakan program aplikasi yang banyak digunakan untuk membantu menghitung, mengoperasikan, menganalisa, dan mempresentasikan data. Excel 2010 merupakan program lembar kerja atau spreadsheet yang paling populer dan paling banyak digunakan untuk saat ini. Keunggulan excel 2010 dapat menghitung, memproyeksi, menganalisa, serta mempresentasikan data diakui mampu meningkatkan produktifitas kerja khususnya mengolah data berupa angka dan grafik.

Menggunakan Microsoft Excel 2010
Untuk menjalankan aplikasi excel 2010, langkah langkah yang harus dilakukan adalah :
1.   Klik tombol Start Menu pada windows taskbar.
     2. Klik All Program > Microsoft Office > Microsoft Excel 2010




Mengenal Jendela Excel 
Bagian yang terdapat pada jendela Excel 2010 adalah sebagai berikut.
A.   Microsoft Office Button berisi menu pull down. Jika anda biasa menggunakan Excel versi sebelumnya, maka item yang terdapat di dalamnya mirip dengan item pada menu file.
B.   Quick Access Toolbar berisi tombol atau ikon untuk mengolah data.
C.   Title Bar nama buku kerja atau file excel.
D.   Window Button (Sizing Button) berisi tombol minimize, maximize (restore) dan close yang berfungsi untuk mengatur ukuran jendela atau mengakhiri penggunaan program aplikasi.
E.    Ribbon berisi semacam tombol atau ikon untuk mengelola data (versi sebelumnya disebut juga toolbar)
F.    Cell Pointer penunjuk sel.
G.   Formula Bar atau baris rumus atau formula berisi informasi sel yang sedang aktif.
H.   Kolom
I.      Baris
J.    Tab Lembar kerja (worksheet); default worksheet dari excel adalah tiga lembar kerja dan bisa ditambah atau dikurangi.
K.   Scroll Bar berfungsi untuk menggeser posisi data pada layar.
L.    Tombol Navigasi berfungsi untuk berpindah antarlembar kerja (worksheet)
M.   Status Bar berisi berbagai tombol untuk mengaktifkan pekerjaan atau informasi tertentu.
N.   View Mode untuk mengatur mode tampilan lembar kerja.
O.   Zoom Slider untuk memperbesar atau memperkecil tampilan lembar kerja.


Mengakhiri Penggunaan Excel
  • Klik Microsoft Office Button
  • Pilih tombol Exit Excel

Atau dapat dilakukan dengan mengklik tombol close (windows button) pada bagian atas kanan jendela excel.


Berikut keterangan beberapa tombol dan sub menu didalam Backstage View
Save dan Save As untuk menyimpan dokumen excel 2010.
Open untuk membuka Workbook excel yang pernah disimpan sebelumnya.
Close untuk menutup dokumen yang sedang aktif tanpa menutup aplikasi Program Excel.
Sub Menu Info adalah sub menu yang akan menampilkan segala informasi mengenai workbook yang sedang aktif. Informasi tersebut meliputi beberapa hal, antara lain : ukuran file, tanggal pembuatan (created), tanggal terakhir modifikasi (Last Modified), dan beberapa hal lainnya.
Recent, dan sub menu Recent adalah sub menu yang menampilkan file-file workbook yang pernah dibuka terakhir kali berikut dengan lokasi penyimpanannya, gunakan juga tombol perintah Recover Unsaved Documents untuk  membuka kembali file dokumen yang mungkin belum sampai tersimpan.
New, Sub Menu New, merupakan sub menu yang digunakan untuk membuka lembar kerja baru atau templet-templet lain. Pilih Blank Workbook dan klik tombol Create.
Print, dan sub menu Print, merupakan sub menu untuk melakukan perintah mencetak dokumen beserta pengaturannya.
Save & Send Sub menu Save and Send, merupakan sub menu untuk menyimpan serta mengirim dokumen dengan memanfaatkan fasilitas internet. Selain itu, Anda juga dapat mengubah tipe dari suatu workbook.

Pengoperasian Microsoft Excel 2010

Membuat Workbook Baru
Saat pertama kali anda membuka excel 2010, sebuah lembar kosong dengan nama book 1 akan ditampilkan. Sehingga anda dapat langsung bekerja dengan lembar kerja tersebut. Dokumen di dalam excel memiliki istilah workbook, didalam workbook akan terdapat halaman-halaman yang diberi nama worksheet. Kegiatan yang dilakukan dalam pembuatan dokumen baru didalam excel pada hakekatnya adalah kegiatan pembuatan workbook yang baru.
Langkah-langkah untuk membuat dokumen baru adalah sebagai berikut :
Ø  Klik tab File dan pilih perintah New sehingga tampil lembar kerja yang memuat templet-templet workbook yangg dimiliki excel 2010.
Ø  Klik icon Blank Workbook pada bagian Available Templates untuk membuat lembar kerja kosong.
Ø  Lalu kemudian anda dapat klik tombol Create untuk membuat workbook baru.


Menyimpan Workbook
Setelah anda memulai pengetikan, selanjutnya anda dapat menyimpan file workbook ke media penyimpanan seperti harddisk, flashdisk atau media penyimpanan lainnya  Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kemungkinan kehilangan dokumen yang telah anda buat.
Langkah-langkah yang harus anda lakukan untuk menyimpan workbook adalah :

1. Pada Tab File pilih Save atau Save As, anda juga bisa menggunakan Keyboard dengan menekan Ctrl + S
2Selanjutnya akan tampil kotak dialog Save As 
3. Tentukan drive dan lokasi folder tujuan pada bagian save in
4. Buat atau ketikkan nama file workbook pada kotak teks File Nam
5. Klik tombol Save untuk penyimpanan.

Catatan :
  • Sebuah file Workbook akan disimpan dengan nama file berekstensi .Xlsx nama file tidak dapat terdiri dari karakter-karakter : slash (/), backslash (\), simbol lebih dari dan kurang dari (>) atau (<), asterik (*), tanda tanya (?), petik ganda (“), pipe (|), titik dua (:), atau titik koma (;)
  • Yang perlu anda perhatikan bahwa file excel dengan ekstensi .Xlsx hanya dapat dibuka di Ms Excel 2007 dan Ms Excel 2010. Apabila anda menginginkan file penyimpanan anda dapat dibuka di Ms Excel versi sebelumnya (.Xls), maka pada bagian Save As Type pada kotak dialog Save As anda pilih Excel 97-2003 (.Xls). akan tetapi langkah inijuga mengandung resiko bahwa beberapa fitur asli Ms. Excel 2010 yang anda gunakan didalam file tersebut tidak terbaca/kompatibel dengan Ms Excel versi sebelum Ms Excel 2007
Membuka File yang sudah Disimpan
Langkah untuk membuka workbook sama dengan langkah membuka file pada program lain, yaitu dengan menekan tombol Ctrl + O selanjutnya akan tampil kotak dialog open yang dapat anda.





Daftar Pustaka

1.       Larenta, Apriyani, 2012. Creative With Microsoft Office Word 2003-2010 Jakarta. Elex Media Komputindo.
2.      Elcom, 2011. 6 in 1 Aplikasi Microsoft Office 2010 yang perlu anda tahu. Yogyakarta : Andi Offset
3.      Madcoms, 2011. Memaksimalkan rumus dan Fungsi Microsoft Access 2010. Yogyakarta. Andi Offset
4.      Hadi Purnomo, Catur, 2011. Panduan Belajar Otodidak Microsoft Office PowerPoint 2010, Mudah Lengkap & Praktis. Jakarta : Mediakita.
5.      Andi (Smitdev), 2011. 123 Fungsi dan Formula Excel 2010. Yogyakarta : Andi Offset
6.      Madcoms, 2011. Kupas Tuntas Microsoft Word 2010. Yogyakarta. Andi Offset
7.      Madcoms, 2011. Mahir dalam 7 Hari Microsoft Powerpoint 2010.Yogyakarta : Andi Offset
8.       Alam, M. Agus J., 2007. Microsoft Office Excel 2007. Penerbit:  PT Elex Media Komputindo. Jakarta.
9.       Yoevestian, Whindy., 2007. Tip Menyusun Presentasi Efektif dengan PowerPoint 2007., Editor:., Penerbit:  PT Elex Media Komputindo. Jakarta.
10.    Rusli, Komara, dkk., 2001. Dunia Tanpa Batas (Panduan Penggunaan Internet bagi Awam). Bandung: Studio Driya Media.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar